3/24/2018

Bedanya Huruf K, U, Y, HK, HQ, E, M, T, P, G, R, C, X pada Processor Intel / The difference of K, U, Y, HK, HQ, E, M, T, P, G, R, C, X on Intel Processor

 Intel merupakan salah satu pembuat processor yang merajai pasar prosessor dunia, baik tingkat dekstop ataupun mobil, banyak jenis processor yang dikerluarkan oleh intel, mulai dari Celeron, Core2Duo, Core2Quad, Core i Series dan banyak lainya, processor processor tersebut tentunya memiliki nama nama yang menjadi pembeda dari processor intel tersebut, dan di dalam nama nama tersebut tersemat beberapa huruf yang menjadi identitas,sifat, dan kemampuan processor buatan intel tersebut, seperti K, U, Y, HK, HQ dan banyak lagi. untuk memenuhi keingintahuan anda berikut adalah penjelasannya



 Ketika anda berbelanja peralatan elektronik khususnya menyangkut teknologi, pada nama nama barang yang akan anda belanjakan umumnya banyak huruf yang tentunya membedakan dan merepresentasikan kemampuan atau bahkan spesifikasi barang tersebut, begitu juga dengan processor pabrikan intel, intel banyak mengeluarkan processor dan yang paling banyak di kenal adalah Core i Series, tentunya gampang membedakan kalau kita hanya melihat dari sisi penamaanya, seperti core i5 dan core i7, tentunya kita langsung dapat membedakan antara kedua jenis processor tersebut, yang lebih besar pasti lebih baik, ya kan ? iya, itulah yang disebut general rule, tapi bagaimana dengan core i7 7700k, core i7 7700u, core i7 7700hk, tentunya intel tidak sembarangan menempatkan huruf huruf tersebut, huruf huruf tersebut memberitahu anda sesuatu tentang procesesor tersebut, sayangnya huruf huruf tersebut banyak sekali di berbagai processor yang tentunya memiliki arti yang berbeda juga.


K.

   Huruf K berarti multiplier chips pada processor adalah versi unlocked yang berarti juga anda dapat dengan mudah meng-overclock processor tersebut yang tentunya membutuhkan motherboard yang mendukung untuk overclocking, untuk processor tanpa huruh k memiliki potensi yang sangat sedikit untuk di overclock, jadi pastikan anda memilih processor dengan huruf k jika anda ingin meningkatkan kemampuan sistem komputer anda, tentunya processor jenis ini hanya untuk desktop komputer saja


HK.

   huruf K pada HK memiliki pengertian yang sama dengan huruf k saja. tapi terdapat perbedaan dengan huruf Hnya, huruf H pada processor HK berarti High Performance Graphics yang berarti processor dengan huruf h memiliki performa intergrated graphics yang jauh lebih mumpuni, tetapi juga menggunakan lebih banyak power untuk memenuhi kebutuhan power consumption processor tersebut, sayangnya processor jenis ini adalah processor untuk segmen mobile, seperti laptop. 


HQ
  
   Masih di segmen mobile tapi perangkat mobile dengan pocessor ini akan lebih mahal, masih dengan huruf H tetapi di belakang H terdapat Q, processor yang memiliki huruf Q di belakang namanya adalah processor yang lebih bertenaga, Q berarti Quad Core, atau Empat Inti.


U dan Y

   Masih juga di segmen mobile, kali ini kita membahas jenis processor dengan huruf U dan Y di belakang namanya, dimana U berarti Ulta Low Power, dan Y berarti Extremely Low Power, kedua jenis processor ini cocok untuk laptop yang diperuntuk untuk kerja dan multimedia ringan, tentunya dengan konsumsi daya yang lebih sedikit kedua processor ini diutumakan untuk menghemat daya tahan baterai untuk penggunaan yang lebih lama ketimbang performa.


E

   Processor dengan huruf E, di belakang namanya memiliki kemampuan untuk menggunakan ECC memory.


M  
   Lini processor ini digunakan juga di segmen mobile processor, tetapi huruf M hanya digunakan pada Xeon Processor untuk mobile workstation.


T
  processor ini berasal dari segmen Desktop memiliki socket processor yang sama dengan versi desktop pada umumnya tapi dengan konsumsi daya yang lebih rendah, processor ini pada umumnya ditemukan pada AIO atau All In One Komputer, yang di desian dengan power suply yang lebih kecil dan pendingin yang tidak terlalu memilik power.

huruf lain pada processor intel dapat lebih menarik dengan pilihan graphics yang lebih menarik juga tapi menarik belum tentu lebih bertenaga. Seperti berikut


P
 Processor dengan huruf P, memiliki intergrated graphics yang lebih "lamban", yang tentunya bisa membuat anda menghemat jika pada akhirnya anda akan menggunakan Graphics Card tambahan.


G

  Processor dengan huruf G ini adalah pendatang baru, dengan Intergrated Graphics berupa Radeon RX Vega.



  Processor dengan huruf C memiliki kemampuan yang sama dengan Huruf H, penggunan huruf C digunakan pada generasi Broadwell.


C

  Processor dengan huruf C memiliki kemampuan yang sama dengan huruf K, dan masih sama dengan huruf R, Processor dengan huruf C digunakan pada generasi Broadwell.


X

  Processor dengan huruf X adalah processor dengan kasta tertinggi dari semua processor intel, Huruf X berarti Extreme, yang berarti juga Processor High-end dan unlocked sekaligus dengan core atau inti terbanyak yang tentunya dengan harga termahal dan dengan varian tertingginya yaitu Core i9 7980XE yang berarti Extreme Exdition, yang pastinya bereda dengan huruf E yang sebelumnya di bahas, huruf E pada XE berarti Edition bukan memiliki kemampuan untuk menggunakan ECC memory

No comments:

Post a Comment